Memori Lebih Lengang Tanpa File DLL

Dengan Membersihkan File DLL yang tidak lagi dipakai dari memori, kinerja komputer bisa lebih cepat. Nah, bagaimana cara membersihkan file DLL sempah itu dari memori? Sebelumnya, ini sekilas mengenai file DLL.

Windows memiliki sebuah "Perpustakaan" bernama Dynamic Link Library yang biasa disingkat dengan DLL. Untuk keperluan beberapa program, biasanya perpustakaan ini secara sementara diletakkan pada memori agar prosesor cukup mengakses memori, tidak perlu mondar-mandir ke hard disk yang kerjanya lebih lambat ketimbang memori. Namun, pada beberapa kasus, file DLL yang berada di memori tidak dihapus meskipun tidak satu aplikasi pun membutuhkannya.


Akibatnya adalah pemborosan memori. Kalau memori yang ada pada komputer terbatas, misalnya cuma 64 MB, wah komputer bisa jalan amat lambat. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan file DLL yang sudah tidak dipakai. Untuk itu, lakukanlah langkah-langkah berikut ini.



1. Jalankan Registry Editor. Mudah-mudahan tidak lupa caranya. kalau lupa, caranya begini : klik [Start]>[Run] kemudian ketik "Regedit" lalu tekan [Enter].

2. Masuklah ke subkey My Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

3. Klik [Edit]>[New]>[Key] pada jendela Registry Editor untuk membuat subkey baru di bawah key Explorer.

4. Beri nama subkey baru tadi dengan nama "AlwaysUnloadDLL".

5. Klik dua kali name (Default), kemudian isikan string value tersebut dengan nilai 1.

6. Tutup Registry Editor, kemudian restart Windows Anda.

Tanda kutiknya jangan ditulis

Related Posts by Categories



Recent Comment

Posting Terbaru

Serba Serbi Komputer

Trick Computer

Followers

Animations - alien-01